Piala Dunia Dilaksanakan 2 tahun sekali ? dan Siapa Juara Terbanyak

Piala Dunia Dilaksanakan 2 tahun sekali ? dan Siapa Juara Terbanyak

Piala Dunia adalah ajang sepak bola paling prestise di muka bumi. Tahun akhir ini, persisnya di tanggal 21 November sampai 18 desember, Piala Dunia 2022 akan berjalan di Qatar.

Piala Dunia 2022 Qatar sebagai edisi yang ke-22 semenjak pertama kai berguling pada 1930 di Uruguay.

Dalam perjalananya, Piala Dunia diadakan empat tahun sekali sampai sekarang ini. Gelaran ini pernah tidak berguling pada 1942 dan 1946 karena Perang Dunia II.

Piala Dunia Dilaksanakan 2 tahun sekali ?  dan Siapa Juara Terbanyak

Baru saja ini, ada ide untuk mengubah format Piala Dunia jadi tiap 2 tahun sekali. Itu tiba dari mantan manager Arsenal, Arsene Wenger.

Pria yang sekarang ini memegang sebagai Kepala Pengembangan Sepak bola Global FIFA, itu punyai argumen kuat untuk ajukan gagasan itu.

Dikutip Oleh “Situs Taruhan Bola Terbesar Nexonbet

Wenger mengharap bergulirnya Pildun 2 tahun sekali bisa memberi tontonan yang berkualitas untuk para fans sepak bola.

Dari segi pemain, Wenger menyebutkan beberapa pemain akan jalani kalender persaingan yang lebih sederhana, karena kualifikasi tak perlu digerakkan dalam masa yang panjang.

FIFA memberikan dukungan ide itu dan sudah lakukan diskusi dengan 6 federasi untuk membahas ide tersebut.

Tetapi sudah pasti ada yang pro dan kontra. Beberapa faksi tidak setuju Piala Dunia diadakan 2 tahun sekali. Tim-tim Eropa dan beberapa liga hebat diberitakan tidak tertarik dengan ide itu.

Melangsungkan Piala Dunia 2 tahun sekali akan akan berpengaruh jelek untuk fisik beberapa pemain dan mengacau agenda persaingan yang telah ada. Lantas, mengapa semenjak awalnya Pial Dunia diadakan 4 tahun sekali?

Elang Mahkota Tehnologi atau Emtek Grup resmi pegang hak siar kompetisi sepak bola besar Pildun 2022 Qatar. Beberapa pertandingan akan ditayangkan di SCTV, Indosiar, O Channel dan livestreaming di Video.

Piala Dunia cuma dituruti 32 negara. Dan FIFA sekarang ini mempunyai anggota 211 negara di dunia. Nah, untuk cari 32 team itu, diselenggarakan babak kualifikasi.

Dalam mencari 32 timnas terbaik, FIFA melangsungkan kualifikasi berdasar zone federasi.

Keseluruhan ada 5 zone federasi yakni zone UEFA (Eropa), zone CONMEBOL (Amerika Selatan), zone CONCACAF (Amerika Utara), CAF (Afrika),dan zone AFC (Asia), dan zone OFC (Oseania).

Biasanya tiap zone mempunyai jumlah slot yang beda bergantung dengan kualitas sepak bola zone itu.

Kadang-kadang dari ke-5 zone itu tidak berpeluang menyumbangkan perwakilan. Sama dalam Pildun Qatar 2022 dari 32 timnas yang hendak bertanding tidak ada negara yang berasal dari zone OFC atau Osenia.

Maka dari itu, proses cari 32 team terbaik dari 211 timnas makan banyak energi dan waktu, hingga tidaklah aneh mengapa Pildun dilaksanakan tiap empat tahun sekali.

Disamping itu, diadakannya Pildun 4 tahun sekali agar memberi saat yang cukup untuk negara tuan-rumah berencana logistik kompetisi dan langkah terbaik untuk menampung masuknya jutaan fans.

Menurut Billboard, Brasil habiskan $4 miliar dolar untuk melakukan renovasi dan memulihkan 12 stadion saat jadi tuan rumah Pildun 2014.

Bahkan juga, Rusia habiskan 3x lipat dari jumlahnya itu untuk Piala Dunia 2018, dengan nilai mengejutkan $12 miliar.

Tidak cuma stadion yang penting disiapkan team tuan-rumah saat melangsungkan Pildun. Beragam poin utama seperti transportasi, penginapan, lalu lintas jadi sisi penting yang jangan dipandang sebelah mata.

Piala Dunia ialah mimpi untuk semua pesepak bola dan fans. Jika rutinitas empat tahun sekali itu diganti jadi lebih singkat, dipandang akan kurangi kesan-kesan prestisius dan eksklusivitas

Oleh karena itu acara Piala Dunia tiap 4 tahun sekali bisa disebutkan sebagai adat yang hendak susah untuk ditukar.

“Saya sukai adat tiap 4 tahun. Ini mempunyai prestise itu, seperti Olimpiade di mana itu terjadi tiap 4 tahun. Rasanya sedikit spesial karena tidak sering terjadi,” kata kapten Tim nasional Wales Gareth Bale soal gagasan Piala Dunia 2 tahun sekali

“Itu membuat sedikit berprestise. Saya tidak begitu sukai itu tiap 2 tahun karena kehilangan sedikit riwayat.” katanya, dikutip Reuters.

Semenjak berguling pada 1930, tercata cuma delapan negara yang dapat memenangi gelaran ini. Disamping itu, cuma ada beberapa negara dari 2 zone yang sanggup jadi juara yaitu UEFA atau Eropa dan CONMEBOL atau Amerika Selatan.

Tidak ada negara Afrika, Asia, Oseania, atau Amerika Utara yang menjadi juara Piala Dunia 2022.

Brasil ialah negara yang tersering jadi juara Piala Dunia. Tim Samba telah mempunyai lima titel juara. Akhirnya, Brasil punyai lima bintang di atas simbol mereka. Paling akhir, Brasil juara pada Piala Dunia 2002.

Di bawah Brasil, ada Italia dan Jerman yang punyai empat titel juara. Italia akhir kali jadi juara pada 2006 kemarin. Sementara, Jerman jadi salah satu negara Eropa yang sempat juara saat Pildun diadakan di Amerika Selatan.

Ten Hag Bocorkan Calon Pemain Baru Untuk Pengganti Martinez Previous post Ten Hag Bocorkan Calon Pemain Baru Untuk Pengganti Martinez
Update Bursa Transfer 2022/2023 resmi Premier League Next post Update Bursa Transfer 2022/2023 resmi Premier League